Kamis, 07 September 2017

Pengertian Kurikulum


Kurikulum merupakan pengaturan dan seperangkat atau sistem rencana terkait value atau isi serta bahan pembelajaran yang berpedoman pada aturan baik pemerintah ataupun petinggi sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Secara etimologis, kurikulum berasal dari istilah curriculum yang mana kata kurikulum terebut berasal dari bahasa inggris, kurikulum adalah rencana pelajaran. Curriculum sendiri diambil dari kata dasar yang berasal dari bahasa latin yakni currere, kata currere memiliki banyak arti antara lain berlari cepat, maju dengan cepat, menjalani dan berusaha untuk.

Kurikulum sendiri berperan pada mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan yang mana kurikulum dapat berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik atau siswa dalam satu periode jenjang pendidikan.

Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan serta kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lingkungan. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang diterapkan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

Pengertian Kurikulum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kurikulum Berkarakter

0 komentar:

Posting Komentar